Wisata

Wisata Bukittinggi Bersejarah

Jika merasa lelah dengan rutinitas harian, tidak ada salahnya mencoba berlibur bersama keluarga ataupun orang terkasih.

Salah satu tempat yang bisa dituju adalah wisata Bukittinggi, dimana tempat ini memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dijadikan referensi.

Wisata Bukittinggi Bersejarah
by Chandra Oktaviano

Wisata Bukittinggi Bersejarah

Daerah yang terkenal dengan makanan khasnya yang pedas dan kisah legendanya yang telah dikenal masyarakat luas juga memiliki segudang harta lainnya yang tersembunyi.

Bukittinggi menyimpan banyak kenangan dan sejarah yang tak mungkin bisa terlupakan. Adapun beberapa Tempat Wisata yang Bersejarah di Bukittinggi adalah sebagai berikut.

1. Benteng Fort De Kock

Benteng Fort De Kock Bukittinggi
Benteng Fort De Kock – https://www.instagram.com/dahniel_bukittinggi/

Benteng peninggalan Belanda ini berada di Sumatra Barat kota Bukittinggi, kalau dari pusat kota tidaklah jauh hanya sekitar 1 km saja. Pada tahun 1825 benteng ini didirikan, oleh Kapten Bouer sebagai benteng pertahanan pada tahun 1821 hingga 1837 saat perang Paderi.

Keunikan bangunan Benteng Fort De Kock menjadi daya terik tersendiri bagi wisatawan yang ke Bukittinggi.

Dimana pemandangan akan sangat indah jika diabadikan dengan kamera, apa lagi letaknya di pusat kota.

Wisata Bukittinggi ini berdekatan dengan wisata hits lainnya dan juga pasar yang menjual oleh-oleh khas Padang. Sehingga sangat ramai dan sayang untuk dilewatkan jika berlibur disini.

2. Lobang Jepang Bukittinggi

Wisata Lobang Jepang Bukittinggi

Jika tadi berbicara tentang benteng peninggalan Belanda, ada juga peninggalan Jepang yang menjadi wisata Bukittinggi yaitu lobang Jepang Bukittinggi.

Lobang ini dibangun pada tahun 1942 hingga 1945 oleh orang Indonesia dibawah paksaan Jepang yang menjajah Indonesia dulu.

Dengan panjang 1.470 meter dan 21 terowongan, dahulu Bangker ini digunakan sebagai tempat tinggal, penyimpanan amunisi, ruang tahanan.

Bahkan disini penyiksaan pun pernah dilakukan disini. Hal tersebut tentunya membuat banyak wisatawan merasa ngeri sekaligus takjub dan ingin tahu secara langsung lobang Jepang di Bukittinggi ini.

3. Janjang Ampek Puluah Bukittinggi

Janjang Ampek Puluah Bukittinggi
Janjang Ampek Puluah Bukittinggi – https://www.instagram.com/mipok.95/

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia Janjang Ampek Puluah ini berarti Tangga Empat Puluh, nama itu dipilih karena memang jumlah anak tangga mencapai empat puluh.

Wisata Bukittinggi ini berwarna lantai merah tua, dengan tinggi masing-masing anak tangga 25 cm, sehingga jembatan ini terkenal cukup terjal. Untuk wisatawan yang datang pada musim hujan haruslah ekstra berhati-hati karena dapat dipastikan cukup licin.

Namun tidaklah perlu khawatir, karena terdapat railing untuk berpegangan pada sisi kanan Janjang Ampek Puluah ini. Menaiki tangga ini, menjadi daya terik tersendiri wisatawan, selain berwisata tentunya sehat juga akan didapat, namun harus tetap berhati-hati.

4. Museum Bung Hatta

Museum Bung Hatta
Museum Bung Hatta – https://www.instagram.com/erfanologi/

Museum ini dulunya adalah lahan bekas rumah kelahiran Presiden Republik Indonesia yang pertama Bung Hatta.

Luas lahannya kurang lebih 1.000 m2 ini direnovasi  oleh Yayasan Pendidikan Wawasan Nusantara pada tahun 1994. Renovasi dipimpin oleh Rektor Universitas Bung Hatta sendiri dan saat ini dikelola oleh Dinas Pariwisata.

Wisata Bukittinggi ini tentunya sangat bernilai sejarah, sehingga banyak wisata yang tertarik.

5. Istana Bung Hatta

Wisata Bukittinggi Bersejarah 1
Istana Bung Hatta – Sumber : Austria Forum

Selain musium, ada juga Istana Bung Hatta yang terdapat di Bukittinggi, walaupun ada larangan memasuki istana ini tetap saja banyak wisatawan yang datang berkunjung.

Biasanya wisatawan akan berfoto didepan istana yang memiliki halaman sangat luas dengan udara sejuk nan asri. Bahkan ada beberapa pohon disini, seperti Pohon Palm dan Cemara, membuat keadaan semakin sedap dipandang dan diabadikan melalui kamera.

6. Taman Monumen Bung Hatta

Bukittinggi memiliki cukup banyak wisata bersejarah yang bertema Bung Hatta, selanjutnya adalah Taman Monumen Bung Hatta.

Dimana taman ini dibuka untuk umum, berbeda dengan Istana Bung Hatta. Letaknya tepat disamping Istana, dibangun di lereng bukit yang rendah, sehingga udaranya akan sangat sejuk dengan tumbuhan yang rimbun.

Akan ada Patung Bung Hatta yang menyambut wisatawan di puncak bukit dengan posisi berdiri tegak sembari tersenyum tipis.

7. Taman Margasatwa Dan Budaya Kinanta

Untuk yang berwisata membawa anak-anak, taman Margasatwa dan Budaya Kinanta wajib dikunjungi.

Taman ini merupakan taman rekreasi keluarga yang berisi banyak kandang hewan yang menyambut, selain itu juga ada museum berupa Rumah Adat Baanjuang yang akan memberikan nilai sejarah.

Inilah wisata Bukittinggi yang bersejarah dan dapat dijadikan referensi liburan bersama keluarga.

Sehingga dengan mengunjungi tempat-tempat ini selain berlibur tentunya akan sekalian belajar mengenang masa lalu. Dengan cara ini tentunya  liburan bersama keluarga akan jauh lebih berkesan dan mengasikkan.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close