Pakaian Adat Minangkabau : Jenis, Makna dan Keunikan

Jika membahas mengenai Padang seperti tidak akan ada habisnya, mulai dari makanan khasnya yang mendunia, jenis dan model rumah adatnya hingga objek wisatanya.

Selain itu, masih ada satu lagi dari padang yang menjadi icon pentingnya, yaitu pakaian adat Padang. Dimana pakaian adanya begitu unik dan mewah, namun adakah yang sudah tahu jelas mengenai jenis dan makna dari setiap bagian dari pakaian adat.

Jenis Pakaian Adat Minangkabau Padang

Pakaian adat ini memang terlihat mempesona, namun sudahkah tahu bahwa pakaian adat ini juga memiliki beberapa jenis.

Semua jenis memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Berikut jenis pakaian adat Padang yang wajib dipahami.

Pakaian Adat Khusus Pria Minangkabau

Pakaian Adat Khusus Pria Minangkabau
Pakaian Adat Khusus Pria Minangkabau

Pakaian adat dari padang yang pertama adalah dikhususkan untuk pria, dimana pakaian ini hanya boleh dikenakan orang-orang tertentu seperti kepala desa.

Nama pakaian adat khusus pria ini bernama pakaian penghulu. Perlengkapan yang wajib ada pada pakaian ini seperti keris, baju hitam, cawek, sarawa, tungkek, sandang dan sesamping.

Pakaian Adat Khusus Wanita Minangkabau

Pakaian Adat Khusus Wanita Minangkabau
Pakaian Adat Khusus Wanita Minangkabau

Jika tadi pakaian khusus pria, tentu saja pakaian adat ini juga ada khusus untuk wanita. Pakaian ini sebagai simbol kebesaran wanita yang telah menikah dan simbol peran penting ibu dalam keluarga.

Ada sebutan nama pakaian adat untuk wanita yaitu Bundo Kanduang dan Limapeh Rumah Nan Gadang, dimana Limapeh sendiri adalah tiang tengah rumah adat Padang Minangkabau yang menguatkan bangunan yang kalau diumpamakan sebagai wanita tangguh dalam sebuah keluarga..

Pakaian adat wanita Bundo Kanduang ini merupakan salah satu pakaian adat kebesaran untuk wanita yang merupakan bentuk dari kedudukan wanita dengan peran sangat penting dalam sebuah keluarga.

Pakaian Adat Khusus Pengantin khas Minangkabau

Pakaian Adat Khusus Pengantin khas Minangkabau
Pakaian Adat Khusus Pengantin khas Minangkabau

Untuk baju adat dari padang yang dikhususkan untuk pengantin sebenarnya sudah mulai mengikuti perkembangan saat ini. Sehingga selain nampak mewah juga tidaklah ketinggalan zaman.

Namun tentu saja unsur dari budaya tidak dihilangkan, terbukti dari pakaian berwarna merah dengan penutup kepala yang masih diwajibkan ada.

Makna yang Terkandung Pada Bagian Pakaian Adat Padang

Setelah memahami jenis dari pakaian adat dari padang pasti akan banyak yang bertanya-tanya apa makna dari keunikan setiap bagian pakaian adat ini.

Jenis mungkin boleh bernekaragam, namun setiap bagian pada jenis pakaian selalu hampir ada dan sama. Berikut makna yang terkandung pada bagian pakaian adat dari Padang yang unik.

Pakaian Adat Khusus Pria Padang
Pakaian Adat Khusus Pria Padang

Bagian Atas Pakaian (Penutup Kepala)

Hal pertama yang selalu jadi perhatian setiap orang yang melihat pakaian adat dari Padang pasti bagian atasnya.

Bagian yang menutupi kepala ini bernama tengkuluk tanduk atau ikek yang terbuat dari kain khusus yaitu balapak. Dimana keunikan terlihat pada bentuknya yang runcing menyerupai tanduk kerbau serta berumbai emas.

Makna dari penutup kepala ini adalah kepemilikan rumah adat Padang yaitu Gadang yang dimiliki oleh seorang ibu atau wanita yang sudah menikah.

Itu berarti yang mengenakan adalah seorang Limapeh Rumah Nan Gadang atau bisa juga disebut Bundo Kandung.

Bagian Perhiasan

Tentu saja sebuah pakaian adat apa lagi untuk wanita tidak lepas dari yang namanya perhiasan. Begitu pula dengan pakaian adat ini, dimana terdiri akan kalung yang berbentuk sembilan macam.

Selain kalung juga ada cincin dan gelang yang beragam bentuknya. Bahan yang digunakan dalam perhiasan adalah batu alam ataupun emas, sehingga akan sangat mencolok dan memberikan kehormatan yang memakainya.

Bentuk perhiasan pun tidak seperti biasa, namun memiliki makna tersendiri yang mengandung nilai serta norma yang dijadikan acuan dalam bermasyarakat yang tentunya soal kehidupan.

Jadi selain untuk mempercantik, perhiasaan juga mengandung makna adat Padang. Semua perhiasan tersebut pun hanya digunakan pada acara adat atau pernikahan saja.

Bagian Tengah Pakaian

Bagian tengah  pakaian adat ini memiliki warna beraneka ragam sesuai jenis dari kegunaan pakaiannya. Seperti warna merah, biru dan hitam dengan hiasan emas.

Pada pakaian bundo kandung, ada sebuah simbol minsai , yaitu bermakna bahwa wanita Padang memiliki batasan adat yang tidak boleh dilanggar.

Sedangkan bagian lainnya, yaitu yang diselempangkan pada bahu kanan ke arah rusuk kiri memiliki makna seorang wanita Padang atau bundo kandung bahwa tanggung jawab garis keturunan ada pada dirinya.

Bagian Bawah Pakaian

Pada bagian bawah adalah sebuah kain sarung atau sering disebut Kodek Balapak. Dimana ada sulaman emas yang menghiasi bermakna sebuah kebijaksanaan.

Hal ini berarti bahwa yang mengenakan pakaian ini haruslah mampu menempatkan diri dimanapun berada dan menjunjung kebijaksanaan.

Itulah jenis dan makna Pakaian Adat Padang yang unik. Dengan mengetahui jenis dan makna yang terkandung pada setiap bagian pakaian membuat penggunanya merasakan kehormatan tersendiri.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close